Tikadiamond Blog

You are born free to be anything you dream to be

serba serbi TUPO

By Monday, November 24, 2014

Kali iniii mau sharing tentang serba serbi TUPO ya temen2 
yang nggak pengen jadi  pebisnis oriflame boleh kookk baca dulu sharing aku kali ini , siapa tau jadi melek jadi tau tentang bisnis oriflame yahh ^^

Temen-temen pastiii banyak keluhan tentang TUPO deh , apalagi buat para new member  alias baby bala2 :)) 

yuupp,,,, aku juga mengalaminya :)) 
#wajaarrr #normaalll , :D 

Business Poin
Di oriflame tiap produk yang kita beli ada poinnya, nah tiap bulan kita diharuskan untuk tupo 100BP(business poin).
Kalo diuangkan ya sekitar Rp. 580.000 - Rp. 700.000  (tergantung produk mana yang kita beli karena poinnya berbeda-beda dan beda juga diskon yang berlaku)
Trus bagaimana kalau belanja lebih dari 100bp, ya itu lebih bagus. malah bolehhh banget karena jika order  125BP s/d 175BP kita bisa dapet diskon 30 s/d 70% untuk satu produk di bulan berikutnya ( Produknya boleh

miliihh sesuka kita lhooo ), namanya adalah BC alias BUSINESS CLASS  
Nah perhitungannya adalah : BP tersebut berlaku dari tanggal 1 sampai akhir bulan dan bp akan di 0 (nol kan) kembali pada tanggal 1 bulan berikutnya, artinya bp itu bukan akumulasi ya,,, tapiii tiap Bulan di hitungnya (karenaaa Oriflame MLM MURNI ) 



Terus Penting ga sih Tupo di oriflame?

Sebagian ada yang nanyain… kenapa sih harus tupo tiap katalog? Kan aku gak perlu sebanyak itu barang-barangnya ;p.Atau seperti ini “Boleh gak sih, aku tuponya gak tiap katalog ?

Tergantung niat kita join di oriflame itu mau ngejar apa?

kalau cuma untuk belanja biar dapet harga lebih murah doank ya ga perlu tupo kok . 
Atau cuma mau jualan maen2 yang cuma pengen keuntungan jualan yg 23% tiap produk itu? juga gak perlu tupo kookk .
Tapi kalo kita mau dapet pengasilan tambahan alias gaji tiap bulan yg ratusan ribu ,  jutaan, belasan juta ataupun puluhan juta , atau juga mau dapet jalan2 ke luar negri gratis dan mobil gratis jugaaaaa...... maka tupo ini sangat penting doonkkk. 

Susah ga sih tupo? 


jawaban saya adalah :  Enggak Susah kok.
Kalo kamu bergabung oriflame bareng saya di NLC pasti diajarin gimana cara tupo tiap bulannya, beberapa contoh caranya adalah sebagai berikut  : 

1. Mengalihkan Belanja bulanan ke produk-produk oriflame

Tiap bulan beli sabun mandi kan mbak/mas? shampo? minyak wangi?  atau mungkin pada suka dandan ? jadi salah satu cara untuk tupo adalah mengalihkan belanja bulanan kita ke produk oriflame.
daripada belanja ke carref**** atau ke minimarket kann ga bs bikin kita punya penghasilan , ya gak?


2. Jualan 

iya doonkk  jualan... offline maupun online . jualan tuh kan kerjaan palingg gampang hihi. 
Yang simple2 aja kok.. jangan yg ribet . caranya  bawa katalog dan tawarkan atau pinjemin katalognya ke tetangga, temen2 kantor, ibu2/guru tempat sekolah anak , ato pas arisan keluarga, pas nikahan dll dan tunggu ordernya dehh hehehhe.
nahhh ntuk jualan online bisa pake fasilitas sosial media FB, BBM, WA dll (tapi inget ada aturannya ya..) nanti akan diajarin gimana caranya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadi intinya untuk Tupo itu ga susah kok, hilangkan mindset susahnya yaa ntar insyaAllah hasilnya luar biasa deh . 


tapi tapiiiii ...biasanya saat mau TUPO itu kita dihadapkan beberapa masalah , misalnya kayak contoh2 pengalamanku inii :


1. Pengen TUPO tapi barangnya pada kosong.
=============================
Ada banyak cara untuk TUPO , yang paling gampang cek aja kebutuhan pribadi yang dipake sehari2. trus inget2 apa ada sahabat yang mau ulang tahun, ada sodara yang nikahan, yang melahirkan, yang mau 7 bulanan , yang mau apaaa aja deh.
nah daripada hadiahnya belanja di toko biasa, kan mending kasih hadiahnya produk Oriflame kann? udah  dapet diskon,  dapet produk gratis juga dehh , belom lagi dapet gaji bulanan kalo poin grupnya banyak .
Inget temen-temen,,,  produknya Oriflame bukan cuma puluhan jenis loh tapi ratusan bebb .
kalo ada barang yang kosong ya udah sihh tinggal beli aja produk penggantinya yang serupa atau hampir sama . 
Emangnya waktu belanja di tukang sayur trus kehabisan bayam buat masak sayur asem kemudian ga jadi masak? Ganti aja jadi masak kangkung atau tumis waluh. besok aja beli bayamnya buat masak sayur asem . Be creative hihihihi . 

2. Pengen TUPO tapi ga ada yang beli 

============================
Kalau mau gampang dapet orderan 100 poin, wajib banget deh  punya 20 katalog. 
Kenapa ? karena katalog itu sama artinya dengan toko berjalan kita .
Ibaratnya punya toko indomaret 2 biji sama 20 biji lebih besar mana pendapatannya? pastinya 20 biji donk yahh ?
Gak papa kookk modal dikit inihhh, katalog oriflame 20 biji harganya cuma 62.900 aja lhoo sayang , ga nyampe ratusan ribu :)) . (bayangin kalo buka 20 toko ? modal dari mana cyiintt??? eh ga papa juga sih kalo ada modal ya hihihi) 
Tapiii 20 katalog itu jangan cuma di taroh di kolong meja ruang tamu atau di taroh rapi di dalam kamar , katalog itu di sebarin donk ke keluarga, temen, tetangga , kenalin mereka dengan produk2 oriflame , ceritain produk2 oriflame ke mereka , promosi lah yaawww 

3. Males ah join Oriflame soalnya ada kewajiban TUPO setiap bulan.
==============================
Eh justru disitu loh adilnya. Member yang baru gabung ataupun yang sudah lama gabung setiap bulannya wajib merasakan produk2 keluaran terbarunya Oriflame. itu kenapa oriflame itu adil , setiap konsultant harus memenuhi sales pribadi dan grup kalo memang mau gajian, kalo emang mau dapet hadiah dll  .Coba bayangin kalo gak ada TUPO , otomatis artinya kan ga ada yang beli produk oriflame donkkss , lahhh gaji yang kita terima berasal dari manaa boy? ngepet ? xixiixxiiijadi gini yah temen-temen ...Berhubung Oriflame merupakan perusahaan retail  yang jualan produk, bukan jualan jasa, ya otomatis terjadi perputaran produk dan uang donk ya.
nah , kita sebagai consultant Oriflame yang berfungsi juga sebagai "PENJUAL" produk Oriflame bakal dikasi bonus/gaji kalo kita menghasilkan penjualan alias berjualan.
Masa sich ngarep dapat bayaran tapi nggak punya penjualan sama sekali? hehhehe
temen-temen , Oriflame itu memberikan kita bonus/gaji  berdasarkan pada penjualan/ omset kita dalam bulan tersebut.
Penjualan barang itu termasuk kita sendiri yang lakukan , yaituuu   saat kita melakukan pembelanjaan pribadi alias TUPO  alias tutup poin yang 100BP itu.
Saat kita melakukan penjualan berarti kita punya  omset pribadi, sedangkann saat downline dalam jaringan kita melakukan penjualan berarti kita memiliki omset grup.
Nah omset inilah yg diakumulasikan dalam setiap periode katalog yaitu setiap tgl 1 sampai dengan tanggal terakhir setiap bulannya ( contoh : bulan November, maka omset dihitung dr tgl 1 s/d 30 november.
Makin besar jaringan kita maka makin besar pula omset yg direpresentasikan dari total poin kita.
Masa iya orang2 yang ada dalam jaringan kita kerja keras sehingga point group kita menjadi besar eeehhh malah  kita sebagai upline/leader nggak TUPO pribadi?? ya nggak bisa sayanggg . karena gajimu gak akan mungkin keluar gak akan mungkinn di transfer ke rekening kamu ,,meskipun kamu udah level presidenn juga kalo gak TUPO ya gak bakalan dibayar , gitu lohhh :)
Oriflame tuh MLM loh, bukan piramida , bukan money game atau yang kayak si itu ituu hehhee.
Jadi ya nggak bisa bersandar pada downline yang aktif trus kita enak-enakan trus tinggal ongkang2 kakiii , dikiranya downline itu mesin pencetak uanggg ??? hehehhe ..
Jadi ya .... kesimpulan saya, TUPO itu menunjukkan kalau bisnis ORIFLAME itu punya system yang
ADIL. Ya kalo nggak kerja ya nggak dapat apa apa … Makanya, TUPO menjadi salah satu tugas pebisnis Oriflame.
sama kayak kita kerja di kantor ya gak? kalo kita gak masuk kerja dan gak ngerjain apa yang jadi tugas kita yaaa kita gak bisa dapet gaji ,, atau malah dipecat mungkin ya kan ?
nahh jadi begitu yahh temen-temenn ^^ 


Tapi kok ADA MLM lain yang nggak harus TUPO??

Waaahhh saya juga nggak ngerti tuh,,, mungkin mengandalkan omset penjualan dari pembelian barang oleh member pada saat direkrut  ato bonusnya diambil dari pendaftaran member yang mahal bingit itu???
hehehehehe
who knows yaa tapi mungkin2 seperti itu , dan itupun saya juga gak tau hukumnya gimana karena udah baca2 tetep belom sreg belom nemu sumber yang PAS hehehe . 
mungkin buat temen2 yang tau bisa share di blog saya ini yaa biar sayanya juga belajar ^^ 

--------------------------------------------------------
so, tidak perlu merasa terbebani dengan TUPO... karena nggak pernah ada pemaksaan, anda sendiri yang memilih tujuan JOIN ORIFLAME buat apaan??

You Might Also Like

0 comments